Kerajinan Menghias Sepatu


Kerajinan Menghias Sepatu
Alat dan Bahan :
  • Sepatu
  • Masking tape
  • Kuas
  • Cat akrilik (untuk hasil terbaik, gunakan akrilik Angelus yang memang khusus untuk sepatu lukis). Warna sesuai keinginan
  • Cutter atau pisau kertas
  • Kertas koran bekas
  • Stensil (jika perlu)
Langkah Pembuatan :

1. Rencanakan desain yang akan kamu buat terlebih dahulu.

2. Isi sepatunya dengan gumpalan kertas

Agar kamu bisa melukisnya dengan nyaman dan lebih rapi, kamu bisa mengisi sepatunya dengan kertas koran bekas yang digumpal untuk mempertahankan bentuk sepatunya.

3. Tutupi bagian yang perlu dengan masking tape

Setelah membuat rancangan desain, kamu tahu bagian mana saja dari sepatumu yang tidak boleh terkena cat, yang berarti harus ditutupi dengan masking tape. Tarik masking tape-nya sesuai dengan yang dibutuhukan. Potong juga maksing tape-nya agar lebarnya sesuai. Setelah itu, tempelkan di bagian yang harus ditutupi sesuai dengan yang ada di rancangan desainmu.
Tenang saja, masking tape tidak akan meninggalkan bekas lem jika dilepas dari sepatumu nanti.

4. Tempelkan stensilnya (jika kamu memakai stensil)

Kalau kamu berencana menggunakan stensil, pasang stensilnya di sepatumu. Pastikan stensilnya cukup tebal agar ketika dicat, bagian pinggir stensinya tidak tembus ke sepatumu.

5. Lukis (atau cat) sepatunya dengan cat akrilik

Setelah kamu menutup bagian yang perlu kamu tutup dengan masking tape, kamu bisa melukis sepatumu dengan aman. Lukis bagian yang kamu inginkan dengan warna yang sesuai dengan rencana rancanganmu. Maskin tape akan mencegah catnya meleber ke bagian yang tidak diinginkan. Tapi, bagaimanapun kamu tetap harus melukis atau mewarnainya dengan hati-hati, apalagi jika lebar masking tape yang kamu tempelkan cukup tipis. Lukis dan warnai sampai semua area sudah diwarna atau dilukis sesuai dengan rancangan desainmu.

6. Lepas masking tape-nya dan tunggu catnya kering

Setelah kamu melukis atau mewarnai semua bagian yang perlu, kamu bisa melepas masking tape yang menempel di sepatunya.

7. Jika perlu, ulangi langkah 2 seterusnya

Kalau kamu punya desain yang sedemikian rupa sampai kamu harus mengulangi langkah dari menempelkan masking tape sampai selesai. Misalnya, kamu ingin melukis sepatumu dengan motif kotak-kotak dengan dua warna yang beda dengan warna dasar sepatumu (misal warna kuning dan hitam di atas sepatu putih). Itu berarti kamu harus menyiapkan beberapa masking tape yang dipotong berbentuk kotak yang ukurannya sama lalu melukis dengan satu warna. Setelah itu kamu harus menutupi bagian yang sudah dilukis dengan masking tape baru lalu melukiska warna keduanya.

8. Selesai




0 Response to "Kerajinan Menghias Sepatu"